Senin, 02 Agustus 2010

Baca Al-Qur’an Yuk!



“Apakah Sahabat sudah bertilawah hari ini?”
a. “beluuumm…”
b. “udah donk!”


Yupz, mungkin bagi berberapa orang tilawah/membaca Al-Qur’an menjadi sebuah kebiasaan yang sulit di tinggalkan. Semacam kebutuhan primer mungkin, yang juga bisa menghadiahkan sebuah bajir ketenangan dengan membaca surat cinta dari-Nya.

But, bagi beberapa orang mungkin membaca Al-Qur’an adalah kebutuhan tersier stadium
4! Nah lho apaan siii? Hehe, ya maksudnya membaca Al-Qur’an tuh cuma di waktu-waktu sisa ato waktu yang sulit diluangkan. Atau mungkin juga gak kepikiran sama sekali buat baca Al-Qur’an, ow ow ow!

Sebenernya rugi lho melewatkan sehariiiii aja kalo gak baca Al-Qur’an. Beneran deh. Banyak banget fadillah/ keuntungan kita membaca wahyu Allah tersebut. Akhirnya si empunya blog yang manis ini buka-buka buku sebagai rujukan, buat menjelaskan fadillah membaca Al-Qur’an, CEKIDOT!

1.Al-Qur’an menjadi syafaat bagi orang-orang yang bersahabat dengannnya
“bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi orang-orang yang menjadi sahabatnya (Al-Qur’an)” -HR Imam Bukhori-


2.Al-Qur’an menjadi pembela bagi manusia saat menghadapi Pengadilan Allah SWT.
Dari Nawwas bin Sam’an Ra, ia berkata: “Aku mendengar Rosulullah Saw bersabda “Pada hari kiamat, didatangkan Al-Qur’an dan ahlinya, yaitu orang-orang yang dulu mengamalkan didunia. Surah Al Baqoroh dan al Imron pun maju mendampinginya dan membelanya.” –HR Imam Muslim-


3.Al-Qur’an mengangkat kedudukan manusia di surga
Dari Abdullah bin ‘Amr bin Ash Ra, dari Nabi Saw bahwa beliau bersabda. Dikatakan kepada Shahib Alquran, Bacalah dan naiklah dan nikmatilah seperti halnya kamu menikmati bacaan aquran di dunia. Sesungguhnya, kedudukanmu ada di akhir ayat yang kamu baca”

*Shahib=sahabat

4.Al-Qur’an sumber pahala bagi orang-orang yang beriman
“Siapa saja yang membaca satu huruf Al-Qur’an, baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan menjadi sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa alif-lam-mim itu satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf” –HR Imam Turmudzi-


5.Alquran mengangkat derajat orangtua di akhirat yang berhasil mendidik anaknya dengan Alquran.
“Siapa saja yang belajar alquran dan mengamalkannya, pada hari kiamat (Allah SWT) akan memberikan kepada kedua orangtuanya mahkota yang cahayanya lebih indah dari cahaya matahari. Kedua orangtua itu berkata
“mengapa kami diberi (mahkota) ini?”
Dijawablah, “itu karena anakmu telah mempelajari Al-Qur’an”
-HR Imam Abu Dawud, Imam Ahmad, dan Imam Ibnu Hakim)


Well, begitu banyak fadillah yang akan kita dapat saat membaca Alquran. Mungkin banyak fadillah lainnya ataupun pahala dari Allah yang luar biasa. Sempet denger juga bisa sebagai penerang di alam kubur. Yupz, sungguh ruarr biaza..!

Tapi jangan mentang-mentang kata hadist satu huruf dikasih 10 kebaikan trus kita ngajinya Cuma 1 huruf doank atau baca bismillah trus baca satu ayat perhari. “tapi kan lumayan bisa nyampe kebaikan yang cukup banyak juga”.. hu’um sih, tapi masa iya kita pengen yang minimalis gitu, imbalannya juga minimalis kali ya. haha.

So, ayo kita baca surat cinta dari-Nya! Supaya gak ribet, bawa aja alquran ketika berpergian. Ke kantor, ke kampus, ke sekolah, lagi maen ke rumah temen, atau kemana pun (kecuali ke toilet ya). Simpen di dalam tas supaya pas mau baca, udah standby. Harus bangga donk sebagai umat islam yang beriman kepada kitab suci maka kitab suci tersebut sudah selayaknya kita baca n lebih bagus kalo sambil baca terjemahannya supaya lebih memahami dan mentadaburi.

Yang penting istiqomah/ konsisten, tiap hari baca, yuk yuk yuk!

2 komentar:

  1. nah ini nih yang jadi bikin nangis nih..
    terharuuu..
    mudah2an bakal ada surat-surat yg akan 'menyelamatkan' kita di akhirat nanti, amiinnn

    aku ngebayanginnya, lucu ajah ada surat Al-Baqarah sm Ali-Imran yg ngebela kita d'dunia sana..subhanallahhh..
    ayo baca Al-Quran!!!
    eh gak sekedar baca, tapi pahami n' amalkan!!he semangkA ve..!!hho
    d'antos postingan2 yg 'menyentuh' lagi nya..hhi n_n

    BalasHapus
  2. hehe.. iya, yoo baca!! semangkA!

    oke, km juga ttp pertahanin salah satu khas postingan kamu yang pake rumus itu ^o^, good job, i like it,,

    BalasHapus