Senin, 05 Juli 2010

Workshop PMB KAMMI 2010

PMB itu..
Ibarat JERMAN vs argentina,
“mereka berlari kencang, menjemput bola…menggiringnya… melewati lawan, terjatuh, terluka… namun mereka bangkit kembali!! Bekerja sama menjalankan strategi… dann GOOOOLLLL!!”






Bedanya, KAMMI menggiring “bola” tidak dengan kaki… tapi dengan HATI…


PMB mungkin lebih dikenal adalah kependekan dari Penerimaan Mahasiswa Baru. Namun bagi suatu organisasi akan lebih tepat jika dikatakan sebagai Perekrutan Mahasiswa Baru, karena yang menerima maba toh tetap universitas, kepentingan kita pasti merekrut mereka untuk menjadi anggota organisasi kita.

KAMMI Daerah Bandung (KAMDA Bandung) pada hari Sabtu-Minggu (3-4 Juli 2010) mengadakan sebuah hajatan bagi kader KAMMI se-Bandung yaitu workshop PMB KAMMI 2010 yang bertempat di jalan Katamso. Acara yang di striker-i oleh komisariat UNISBA dan ITB ini bertujuan agar PMB tahun 2010 ini lebih baik dan lebih matang dari PMB tahun sebelumnya.

Pada hari pertama workshop ini berisikan mengenai materi rencana strategis PMB 2010 yang sampaikan oleh ketua departemen kaderisasi KAMDA Bandung, kang Acep Saeful Millah. Peserta workshop untuk materi ini terlihat cukup antusias, terutama pada bagian bagaimana strategi dalam pendekatan terhadap calon mahasiswa baru nanti. Pertanyaan untuk sesi ini cukup bertubi-tubi dan berjalan sangat interaktif.

Materi kedua mengenai peranan akhwat dalam optimalisasi PMB oleh ketua Badan Khusus Muslimah KAMDA Bandung, teh Siti Nani Aisyah. Materi ini berisikan sejauh mana peran akhwat dalam menyukseskan kegiatan PMB serta sempat dibahas juga batasan akhwat dalam menjalankan tugasnya. Pertanyaan terbanyak justru muncul dari ikhwan, yang menanyakan berbagai hal.

Materi ketiga dirasa sangat menarik, yaitu mengenai optimalisasi media dalam PMB yang disampaikan oleh humas KAMDA Bandung, kang Fakhmi Kemal Islamy mahasiswa IT Telkom’06. Peserta dikenalkan dengan berbagai media yang bisa dijadiakan alat bantu dalam menyukseskan PMB, serta tak lupa pula mempresentasikan sticker baru untuk PMB kali ini versi KAMDA yang nantinya (insyaAllah) akan dibagikan pada seluruh komisariat di se-Bandung. Banyak peserta ber-“ohhh” ria ketika mendengarkan penjelasan pemateri khususnya mengenai pembuatan logo. Sebenarnya untuk materi terakhir ini diperlukan banyak waktu yang luang agar bisa memahami seluruhnya, serta melakukan semacam simulasi/latihan. Namun karena keterbatasan waktu akhirnya hari pertama harus berakhir juga. Sepertinya materi mengenai media harus ada kelanjutannya, seperti pelatihan fotografi, desain, dll.

Hari kedua berpindah tempat, yaitu di kampus UNISBA. Acara hari kedua ini adalah presentasi dari seluruh komisariat se-Bandung mengenai renstra PMB 2010. Dari 10 komisariat ada 1 komisariat yang berhalangan untuk hadir yaitu komisariat UNJANI. Peserta yang datang terlihat lebih banyak dari hari pertama dan lebih antusias lagi karena disini ajang sharing mengenai langkah-langkah cantik dalam menyambut mahasiswa baru agar tertarik pada KAMMI. Masukan, kritik, pertanyaan sangat banyak dilontarkan pada setiap presenter komisariat. Akhirnya, presentasi pamungkas dibawakan oleh komisariat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang disampaikan oleh Salman Awaludin, ketua departemen kaderisasi kamsat UIN yang dibawakan dengan penuh semangat, penuh senyum dan juga penuh tepuk tangan para peserta. The great presentation!

Namun pada dasarnya satu tujuan pasti dari seluruh komisariat adalah bagaimana kita melayani mahasiswa baru dengan keikhlasan, mengajak pada kebaikan dan memperlihatkan akhlak baik dihadapan mereka. Karena KAMMI baik hati dan peduli.. Salam Mahasiswa..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar