Sabtu, 08 Mei 2010

Cerita Milad Kali Ini #2

6 Mei dari Jam 6 Sampai Jam 6

Ini aktivitasku di miladku. Dari jam 6 sampai jam 6, memang begitu. Berawal dari sms Kadept. Kaderisasi KAMMI UIN yang mengharuskan hadir dalam rapat kaderisasi. Akhirnya jam 6 itu aku pergi rapat di mesjid yang lumayan jauh dari kosan. Seperti biasa rapat kaderisasi selalu penuh semangat, penuh ide dan gagasan yang siap di realisasikan, walaupun terkadang baru menjadi mimpi para penggagasnya. Rapat tak aku ikuti sampai selesai, hanya sampai 07.45, karena aku harus menemui Subjek Penelitian (SP/OP) untuk praktikum hari jum’at.

Aku pergi mencari alamat calon SP yang berada di daerah depan kosan sahabat aku. SP kali ini berumur 5-6tahun. Kebetulan waktu tanggal 5 aku tak sengaja bertemu dengan calon SP aku yang sedang main, dan kebetulan pula ada ibunya (bukan kebetulan sih, sudah ketentuan Allah). Akhirnya aku PDKT ma mereka dan mengutarakan maksudku untuk manjadikan anak itu sebagai SP ku dan mereka setuju. Pergi mencari ditemani oleh Erma (sahabat aku), akhirnya ketemu juga. Dan kamu tau? Aku lihat SP aku sedang mencuci piring didepan rumahnya. Anak umur 5tahun mencuci piring yang cukup banyak! Astagfirullah.. Vey, kamu inget gak kapan ngebantuin ibu n papah nyuci piring?! Satu tusukan buat aku..

Lalu dipersilahkan masuk ke rumahnya. Sambutannya sangat hangat. Deg! Rumahnya tak lebih besar dari kosan aku, bahkan hanya terbuat dari papan/ bilik dan dapurnya kecil. Kalo gak salah inget, di pekerjaan ibu aku pernah di tulis kalo criteria pra-sejahtera tuh lantainya masih dari tanah, yaah.. begitupun mereka, dapurnya masih berlantaikan tanah.. tusukan kedua buat aku!

Saat meminta data-data yang diperlukan, ternyata anak ketiganya (bayi sekitar umur 1tahun) itu sedang sakit. Ibunya SP bilang ayahnya jarang pulang soalnya kerja jadi kuli bangunan. Ketiga anaknya yang masih kecil di urusnya sendiri (anak pertama berumur 7tahun). Ini tusukan ketiga.. aku berpikir bagaimana pola asuhnya? Pendidikan orangtua SP hanya sampai SD, itu pun dengan keadaan ayah SP yang jarang pulang. Ya Allah…. Semoga mereka menemui hal yang lebih baik. Sayang, aku tidak lama disana, karena harus masuk kuliah Abnormal jam 08.30.

Kuliah seperti biasa, penuh diskusi dan debat, penuh aroma pemikiran kritis tapi terkadang tercium bau hanya ingin menguji dan cari muka. Dinamika perkuliahan di kelas D akan selalu ada. Saat bubar, keenam sahabatku terpisah-pisah. Namun akhirnya kami berkumpul di kosan erma (basecamp, hee). Kecuali satu orang, yang masih membuat aku bingung, ada apa dengannya..

Masuk Psikologi Perkembangan, Alhamdulillah ada dosen asli nya. Tapi kuis >_<,. Kuisnya unik, bikin cerita tentang life event model kehidupan kita sendiri. Wah lagi-lagi “kebetulan” pas aku lagi milad. Aku bercerita tentang sesuatu yang cukup memberikan perubahan dalam hidup aku. Ketika selesai aku mau membagikan kue yang kemaren dah aku beli dengan sahabatku yang milad di tanggal 5, tapi lagi-lagi sahabatku itu menunjukkan sikap yang berbeda.. cukup menyakitkan..

Seperti biasa pula, hari kamis, minggu ke-2 akan ditutup oleh kajian islam (KIDS KAMMI). Pemateri kali ini surprise bgt, yaah walaupun aku penanggung jawab buat KIDS, tapi tetep aja membuat surprise.. pematerinya SEKRETARIS UMUM KAMMI uin, hee.. seangkatan ma aku, hihi, aneh. Serasa diskusi di kelas, kalo pematerinya seangkatan teh,,, dan berbeda lagi, tempat talimnya agak ekstrem, yaitu di depan masjid. Dipelataran yang menjadi pusat perhatian semua orang yang lewat. Hm.. ckckck, di hari miladku… dan KIDS ini berakhir pukul 6 sore..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar