Sabtu, 14 November 2009

COMMON SENSE, menurun kah?

Lucu deh, waktu dosen PIO (psikologi industri dan organisasi) ngejelasin tentang STRESS, analoginya kayak kalo tubuh kita lagi panas. Trus mahasiswa ditanya, “kalo kita sakit karena apa?” kontan anak2 pada jawab:
“karena pikiran kita terlalu di-set banyak masalah, jadi kepikiran dan menyebabkan sakit, bisa sakit kepala, perut, atopun psikosomatis2 lain”
“karena sugesti. Misalnya kena ujan dikit langsung disugesti sakit flu, demam dsb”
Dosennya menegaskan lagi “duh mikirnya gak usah kejauhan, saya nanya kalo sakit biasanya disebabkan oleh apa?”
Si mahasiswa2 keukeuh, “iya bu, soalnya dia terlalu menginternalisasi masalahnya, maka timbul lah penyakit-penyakit didirinya”
Sang dosen pun dengan sedikit terkekeh, “kalian tuh ya, jangan mentang-mentang kul di psikologi trus COMMON SENSE nya jadi turun gitu, keracunan kuliah psikologi nih!”
*Mahasiswa mikir*
Dosen: “coba perasaannya kembali pada layaknya orang-orang normal pada umumnya”
*waduh*
Dosen: (semakin asik bikin mahasiswa mikir –mungkin aja sih dah ada yang ngeh, tapi males ngomong), “anak SMP bahkan SD pun akan jawab itu”
Diriku: “ohh bakteri dan virus ya bu”
Dosen: “nah itu”
Teman2: “selamat ya Vey, Anda satu tingkat pemikiran ma anak SMP”
*huuuuaaa dezigh dezigh* yang penting masih normal, hahaha

Tapi kalo dipikir-pikir, bisa jadi hal itu bener, common sense (rasa/pemikiran kebanyakan) ku menurun!!! Emang, ilmu tuh harus diaplikasikan, tapi gak semua hal perlu dihadapi dengan TEORI-TEORI yang kaku. Bisa jadi masih banyak alternatif yang lebih baik. Makanya Allah selalu menyuruh untuk seimbang. Yuukk..introspeksi diri lagi.. ^^v.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar