Selasa, 22 November 2011

Kangen Rumah Sakit

Sekarang hari selasa, normalnya aku pergi ke rumah sakit khususnya poli psikologi. Soalnya kan udah sebulan setiap selasa-rabu aku kesana buat belajar psikologi klinis. Tapi minggu ini aku harus ngambil “cuti” karena ikut kursus singkat PIO n HRD..

Kangen banget iihh Susana disana, padahal baru bolos sekali (lebay juga yaks). Kangen sama orang-orang poli jiwa n psikologi, kangen sama alat tes MMPI, kangen sama pasien-pasien, kangen sama kesibukan 2 poli itu >.<

Tapi yang paling di kangenin sih sama pasiennya, hihi. Soalnya ada-ada aja perilakunya, unik banget. Apalagi waktu hari rabu kemaren, ada pasien yg menderita skizofrenia tipe hebefrenik. Seneeeengg deh ketemu sama dia (uupps). Soalnya jarang-jarang kan ketemu yang tipe hebefren, kebanyakan tipe residu. Dia seorang ibu-ibu, pas awal masuk ruangan banyak ngomong, ya pasti ngomongnya ngalor ngidul n banyak gak nyambungnya, -_-“. Singkat cerita tibalah dia yang di tes MMPI. Siapa yang ngetesnya? Akuuuuuuu!!! :p

Biasanya, kalo aku ngebantuin pasien buat tes MMPI tuh hanya menghabiskan waktu sekitar 30menitan, sedangkan pas ngetes dia aku butuh waktu 90menit lebih atau sekitar 3x lipat pasien biasa!! Mulanya sebelum di tes dia udah banyak bicara, bla bla bla (aku juga gak ngerti apa yang dia omongin :D). udah gitu nanya:

Dia: “sebentar,, sebentar,, ini tuh maksud dan tujuan nya apa? Saya mau di interview gitu kayak di rsj?”
Aku: (gaya euy bahasanya) “iya ibu, sekarang ibu duduk dulu ya”
Dia: “eeh, bukan gitu, maaf ya sebelumnya, saya ditanggapin kan ya? Hihihi. Saya bukan mau ke poli jiwa saya mau ke kandungan, blablablabla”
Aku: “Iya duduk dulu ya ibunya”
Dia: “bukan, saya Cuma… blablabla…”

Beberapa lama kemudian setelah “berdiplomasi” alot akhirnya si ibu mau duduk,, yeeeaaaahhh ^^/

Aku: “ayo bu tulis dulu nama ibu”
Dia: “ah eneng mah, kan saya mah sekolah gak lulus, hihihihihi” (sambil menepuk-nepuk aku -_-)
Aku: (baiklah) “ya udah saya ditulisin ya bu”

Mulailah tes MMPI, pertanyaannya aku yang bacain. pertanyaan pertama:

Aku: “aku punya nafsu makan yang baik, ibu punya nafsu makan yang baik gak?”
Dia: wajah berkerut, tangan menutup mulut, cekikikan “apa ya maksudnya, tolong dijalaskan, ini saya di interview kan? Saya ditanggapi kan? Blablablabla.. Tapi saya gak gila kan neng? Gak gila ya?”
Aku: “iya….” :(

Pertanyaan yang lain:
Aku: “ibu sering merasa cemas gak?”
Ibu: bengong, diem, menunduk, tangan menutup mulut, cekikikan –lagi. “bahasa sundanya gimana ya neng?”
Aku: (mati gaya gue)

Selalu seperti itu, setiap pertanyaan kalo gak nanya maksudnya apa, minta dikasih contoh yaa nanya bahasa sundanya gimana. Mending ya kalo dah dijelasin jawabannya nyambung, kan ini mah nggak banget. Dan kamu tau soalnya ada berapa? 180!! Mantaaapps n_nb hahahaha (ikutan ketawa-ketawa stress).

Tapi suka sedih juga, dari sekian banyak yang dia ceritain, ada cerita-cerita yang menyedihkannya, mulai dari suaminya yang selingkuh, diskriminasi dari lingkungan yang selalu menyoraki dia gila, keluarga yang juga gak jelas, dll.

Hikmah yang lain saat ditanya mengenai pekerjaan, pasti dia selalu menjawab “harus semangat dooonkkk”. Atau pas dia cerita orang-orang suka meneriaki gila dia Cuma berkomentar

Dia: “saya kan gak gila ya neng, mereka suka menuduh saya gila, INNAMA’A SOBIRIN”
Aku: (waduh keluar euy dalilnya)

Trus dia juga cerita kalo malem-malem sering bangun buat tahajud, WHAT?? “orang gila” tahajud juga? Naahhh,, kamu yang waras malu gak kalo bolos tahajud? :p

Trus dia ngomong:
Dia: “neng kuliahnya apa?”
Aku: “psikologi bu” (melihat si ibu kerut-kerut kening) “sama kayak ibu-ibu itu (nunjuk psikolog-psikolog)”
Dia: senyum-senyum “neng kok yang ibu ini yang sebelah saya bisa sendiri ngerjainnya, saya mah dibantuin eneng, hihi”
Aku: “iya, makanya cepet ya jawabnya, ibu dengerin saya”
Dia: “iya, harus semangat donk. Semoga eneng dapet pahala dari Allah ya”
Aku: (lho?) “aamiin..”
Dia: “semoga sukses ya neng”
Aku: “aamiin..”
Dia: “semoga cepet jadi dokter ya neng”
Aku: (psikolog ibuuuu) “aamiin…”
Nah,, enaknya ketemu sama pasien tuh di doain terus, :D
Semoga pasien-pasien disana cepet sembuh,, syafakallah.. :)
Kangeeeennn :-*

Cibiru, 22 November 2011 – 16:49

Tidak ada komentar:

Posting Komentar