Kamis, 04 November 2010

Namanya juga cita-cita..



Waktu abis lulus SMA n sebelum kuliah, kk aku sempet nanya, “lebih mementingkan jurusan atau universitasnya?” coz, katanya ada beberapa orang yang targetannya yang penting kuliah di universitas A apapun jurusannya, tapi ada juga orang yang mementingkan jurusannya apapun universitasnya. Waktu itu aku jawab yang penting jurusannya. Setelah aku perhatikan target aku tuh masuk psikologi XXX dan psikologi XXX, dan setelah mengambil IPC aku memutuskan menambah pilihan dengan psikologi XXX. Tiga-tiganya psikologi! Belum lagi aku daftar di 2 universitas swasta dengan pilihan PSIKOLOGI. Yupz, malahan di salah satu univ. swasta itu udah sempet ikutan pra ospek segala, haha.

Ini merupakan pilihanku, Allah maha membolak balikkan hati. Siapa sangka dulunya aku bercita-cita ngambil ekonomi atau kedokteran, tiba-tiba pengen jadi psikolog pas kelas 2 naik ke kelas 3. Dan keinginan itu begitu kuat. Ternyata Allah memudahkan. Aku inget salah satu dosenku pernah bilang “Allah memudahkan seseorang untuk apa dia diciptakan”. Semoga psikologi ini memang menjadi jalanku yang sesalu mendapat kemudahan dari-Nya.

Jujur, waktu awal-awal aku sempet shock juga kuliah di UIN, coz kesannya penuh sama anak pesantren n madrasah Aliyah, sedangkan aku lulusan SMA, serasa nyasar. Belum lagi kualitas psikologi UIN dibandingkan dengan univ-univ yang terkenal masih kalah. Tapi aku percaya kuliah/ belajar di kelas itu hanya menunjang beberapa persen dari kualitas kita. Sisanya harus kita sendiri yang mencari. Dari sini aku pikir langkah pertama adalah menguasai bahasa inggris, coz kebanyakan textbook psikologi dari luar pake bahasa inggris.

Awalnya mau kursus aja, tapi kuliah di UIN agak nyantei (menurut aku waktu semester 1 n 2, dibandingin ma sekolah SMA dulu). Iseng-iseng aja bilang ke si ibu pengen kuliah 2, eehh tiba-tiba langsung bilang boleh. Padahal gak terlalu mengharapkan jawaban itu juga sih. Abis itu gak pernah ngebahas lagi masalah kuliah 2, malahan aku jadi agak ragu. Ngapain ya kuliah 2 kayak gitu. targetan aku yang penting bisa bahasa inggris, gimana pun jalannya.

Setelah berbagai proses yang gak perlu di certain disini, akhirnya aku ngambil kuliah pendidikan bahasa inggris (PBI) di UIN. Keputusan ini aku ambil semester 4. Mungkin karena jika mengambil kursus jaraknya terlalu jauh, nambah lagi ongkos, ngabisin waktu n tenaga. Kalo di UIN kan masih satu kampus jadi gampang bolak-baliknya. Trus kalo kursus kayaknya terlalu lemah dorongan buat rajinnya, hehe. n’ kalo kuliah bakalan sering dipake bahasanya.

Yupz, semua ngedukung apalagi orangtua. Padahal satu sisi, pengen banget ada yang bilang “gak usah kuliah, kursus aja. Ntar terlalu sibuk, terlalu cape” hiks.. ngarep banget ya! Dari sini justru aku jadi termotivasi buat cari kesibukan lagi, supaya gak terlalu banyak mikirin yang nggak-nggak, hehe. supaya beberapa pikiranku yang semester2 lalu bisa sedikit teralihkan.

Aku lulus di PBI. Orangtua kayaknya seneeeng banget mereka bilang “terserah mau lulusnya kapan, dahuluin psikologi dulu aja”. Yupz, pasti. Aku sendiri dibawa nyantei aja sih. Selain pengen bisa b.inggris, niatnya yang paling besar juga tuh nyenengin orangtua. Pengennya diberesin kuliahnya, tapi gak tau ya kalo tiba-tiba sebelum lulus kuliah PBI aku nikah sama pangeran berkuda putih trus ngelarang nerusin kuliah di PBI. Kecuali untuk kuliah di magister profesi psikologi, ini mah aku bakal perjuangin, hehe.

Yaah.. sebenernya aku bercita-cita pengen jadi ibu rumah tangga aja sih. Kebayang deh ngurus anak yang lucu-lucu, ngurus suami n ngurus rumah kayaknya asik. Pagi-pagi nyiapin keperluan semuanya, didepan rumah ngelepas suami n anak buat kerja n sekolah, ngejagain anak yang masih balita, masak, nemenin anak yang udah sekolah ngerjain PR nya, mandiin anak, nyuapin dia, sorenya menyambut suami pulang kerja, trus makan malem bareng, ngaji bareng, trus …waaaaaaaaaaa!!!! Stop stop stop!! Cukup vey! Ngayalnya dalam pikiran aja. Realisasinya ntar aja ya ^_^. Tapi gak jadi ibu rumah tangga dengan pendidikan yang serba minimalis juga sih. Jadi ibu rumah tangga yang berprofesi psikolog, keren kan? Hehehehehe…

Manusia hanya bisa berencana, Allah juga yang menentukan..Wallahua’lam
Yang penting ridho Allah..^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar