Sabtu, 07 Agustus 2010

(ala vera) Stress,,, jauuhhh.. hus hus!



Dalam hidup ini… (halah bahasanya!), tak jarang banyak kerikil yang berubah menjadi batu sandungan dan membuat orang yang melawatinya terjatuh. Masalah? Yaa.. bisa disebut begitu..”masalah”. Teringat ketika belajar psikologi social yang membahas mengenai “masalah”, setelah berdiskusi ternyata definisi dari “masalah” itu sendiri begitu sederhana.. “masalah adalah sesuatu yang tidak menyenangkan”. Titik. Tapi kenapa “masalah” ini menjadi selalu seperti terlihat besar? Belum lagi jika si “masalah” ini dianggap menjadi sesuatu yang benar-benar besar. Ini nih penimbul stressss. Huft, udah di bahas di postingan sebelumnya sebenernya, semua jadi tergantung persepsi. Kalo kita mempersepsikan sesuatu sebagai hal yang berat maka bisa timbul stress, tapi kalo biasa aja sih, ya hal itu kemungkinan gak bakalan bikin stress.

Hal yang bisa menimbulkan stress begitu banyak, dari mulai tugas yang numpuk, dosen yang bikin ribet, temen yang rese, kegiatan organisasi yang padet, amanah lain yang berat, kerjaan yang gak dihargai, di gosipin, aaaarrrgggghhhhhhhh kalo udah gini serasa pengen dikasih uang 1 milyar aja, haha maunya itu mah!

Inget rumus ala pak Mario Teguh?

Saya + Allah = cukup
Agak di modif dikit ah,,
Saya + Allah = segalanya


Nah, dari rumus pokok itu, kita bikin rumus turunannya ya, supaya “masalah” yang berpotensi menimbulkan gempa 7 SR pada JIWA bisa dipecahkan. Ya,, ini sih versi yang punya blog yang manis ini, heee. Oke let’s gooo!!! Ketika beban terasa begitu berat:

Sholat dhuha 6 raka’at.
Sholat dhuha ini bisa menimbulkan sebuah ketenangan yang sangat besar. Udah gitu sholat dhuha juga jadi sebuah spirit yang akan menjadi bekal buat menjani kegiatan full day. Kayak minta restu gitu lah ma Allah, asumsinya ntar pas lagi melakukan aktivitas kita senantiasa di dampingi ma Allah. Semenjak membiasakan sholat dhuha ini, aku jadi ngerasa PeDe aja menjalani kehidupan, ciee,, mau UAS jadi tenang, mau ada ujian dadakan juga gak masalah (sebenernya kadang protes juga sih ke dosen, haha), pokoknya serasa apapun yang dilakukan selalu dibimbing ma Allah n hasilnya adalah yang terbaik dari Allah. Kenapa harus 6 raka’at? Yaa kebiasaan aja kayak gitu, kalo mau di kurangi, serasa ada yang kurang, tapi kalo di tambah takutnya gak istiqomah. Yang penting istiqomah :D

Tilawah 1 juz perhari
Sebenernya amalan tilawah 1 juz perhari baru-baru ini aku jalankan dengan komitmen. Hikz hikz hikz, dulu sih karena emang rekomendasi liqo-an n KAMMI.. apalagi AB2 katanya harus 2 juz ya, wadaww,hhehee. Waktu dulu kebanyakan bolong2 gak 1 juz, kadang sehari tilawah seadanya aja, trus ntar di rapel, wkwk. insyaAllah ah sekarang mah nggak, rumusnya kayak yang sholat dhuha aja. Aku pengen dapet istiqomahnya dulu..
Kalo udah tilawah 1 juz tuh terasa tenaaang banget. Sejuukk deh hati ini. Yang tadinya mau stress jadi nggak jadi, coz serasa Allah membisikan sesuatu dengan ayat yang aku baca. membisikan bahwa Dia akan lebih mendekat pada orang yang mendekatkan pada-Nya. Surat cinta emang indah ya..

Minta do’a dari keluarga, terutama IBU..
Hmm.. walaupun aku ngekost dengan jarak kost-rumah sekitar 120km, tapi kehidupan dirumah tetap aku rasakan disini. Coz setiap hari di telpon n di sms. Hah? Manja? Hm.. hm.. hm.. hehehe! Gapapa, ini adalah strategi keharmonisan rumah tangga. Aku, sebagai orang yang berkeluarga (sebagai anak), selalu merasa nyaman dengan adanya motivasi dari anggota keluarga yang lainnya. Ibarat lampu semangat yang terus memancarkan semangatnya dengan kekuatan penuh. Apalagi kalo mau ujian, pasti tenaaang deh udah di telpon ma c ibu mah, biarpun aku belum ngapalin, hahaha.

Sholat tahajud
Sholat tahajud ini adalah “tempat membuang dosa terakhir”. Setelah lelah menjalani aktivitas seharian, akhirnya kita tertidur, terus terbangun kembali dan menumpahkan semuanya pada Allah, curhat abis-abisan deh pokoknya. Taubat, muhasabah diri, menangis… semuanya bisa di tumpahkan disini. Atau Lagi kangen ma seseorang mungkin, curhatin aja ke Allah, biarkan Allah yang akan menyampaikan rasa rindu kita pada dia dengan asma-Nya melalui hembusan angin, melalui hujan deras bahkan melalui getaran hati yang kadang tak terdefinisi..(veeeeeyyy,, bahasa dari mana ini???). untuk sholat tahajud, sementara ini belum aku tetapkan kuantitasnya, karena orientasinya masih kualitas. Asumsi sementara, kalo dipaksaiin banyak2 raka’atnya tapi sambil ngantuk2 jadi gak asik ntar. (ngeles)

Bercanda sama temen
Yoo, penangkal stress yang sering aku lakukan adalah bercanda ma temen, ngobrol2, makan-makan atau sekedar kumpul-kumpul. Ini sebagai penghibur yang mengasyikan. Sahabatku.. I MISS U.. eSTe_VeWee.., soulmate (vie) n sahabat dari SMP (riana n shinta), juga saudaraku di KAMMI,,I love u, coz Allah.

Untuk sementara rumus-rumus buat bikin si stress ini jauuh, di cukupkan dulu. Semuanya diniatkan untuk mendekatkan diri pada Allah, apa yang dilakukan hanya untuk mendapatkan ridho Allah.. coz, Saya + Allah = segalanya…

3 komentar:

  1. keren vey...keren..
    semoga menjadi motivasi
    Insya Allah sangat bermanfaat..

    Miss u too ^_^

    BalasHapus
  2. keren vey...keren..
    semoga menjadi motivasi
    Insya Allah sangat bermanfaat..

    Miss u too ^_^

    BalasHapus