Sabtu, 10 September 2011

Gigi Bungsu..

Karena sekarang aku di behel, jadi secara rutin aku harus silaturahim sama dokter gigi sekitar 2-3minggu sekali. Dari hasil silaturahim itu ada hikamahnya juga, aku jadi tahu masalah-masalah pada gigiku. Salah satunya adalah mengenai kehadiran si gigi bungsu/ geraham bungsu. Normalnya orang dewasa kan mempunyai jumlah gigi 32, sedangkan aku di umurku yang 21 ini masih berjumlah 28, kemanakah 4 gigi yang lainnya?? Ternyata masih sembunyi aja di dalam gusi :D

Aku baru tahu kalau itu dinamakan impaksi. Kata dokter gigiku perlu dilakukan tindakan, sebelum terjadi pembengkakan dan merusak gigi geraham disebelahnya, karena ternyata posisi si bungsu ini tak tumbuh normal, hiks. Iya, tidak normal soalnya tumbuhnya jadi menyamping dan menabrak geraham sebelahnya. “harus dioperasi di Bedah Mulut”.. OPERASI?? Tuing @_@

Mendengar kata operasi agak serem-serem gimana gitu,, tapi karena kakakku dan ibuku punya pengalaman di operasi gigi, jadi aku sedikit tenang karena ceritanya sama sekali tidak menyeramkan, haha. Akhirnya sama dokter gigi aku dirujuk ke dokter spesialis bedah mulut. Waktu itu aku datang tanggal 6 September 2011. Setelah konsultasi, diputuskanlah gigi bungsuku yang berjumlah 4 akan DIBUANG semuanya! Huhu. Tapi tidak sekaligus, akan ada 2 operasi, yaah.. operasi kecil lah ya :D *menenangkan diri*

Jadwal operasi pertamaku adalah hari jumat tanggal 9 September 2011 jam 17.00 di klinik praktek dokter tersebut. Operasi ini untuk membuang 2 gigi bungsu bawah. Dan ini membuat aku tak bisa datang ke ospek kampus. Semoga aku tidak mendzolimi sodara-sodara ku yang sedang berjuang dikampus. Afwan ya teman-teman aku belum bisa ke Bandung… :(. Sekitar jam 5 sore kurang aku sudah ada di klinik tersebut diantar sama ibu. Pasiennya lumayan banyak juga dan kasusnya banyak yang mirip sama aku, hihi serasa ada temen.

Menunggu.. beberapa menit.. bikin deg-degan juga ternyata. Takut disuntiiikkkk T_T. Aku sih santai saja, karena tahu kalau operasi itu tidak semenit dua menit, iya kan? Akhirnya sekitar jam 18 kurang aku di panggil.. masuk ke ruang dokter. Tidak menyeramkan, soalnya aku kan sering ke ruang dokter gigi ya. Lalu ngobrol-ngobrol bentar sambil dokter melihat hasil rontgen. Lalu aku disuruh untuk duduk di kursi panas (kursi apa namanya?). Ada satu orang perawat yang menyiapkan peralatan-peralatan operasi. Lalu dokter mengoleskan semacam gel mint yang rasanya manis kayak permen raspberry :D

Dokter membiarkanku sekitar 1-3 menit, sambil ngobrol sama ibuku. Lalu disuntik lah aku, kiri kanan beberapa kali. Ini adalah part yang aku tidak sukai >_<. Tetep aja disuntiknya mah kerasa ngilu, hiks. Udah disuntik mulutku kerasa seperti bengkak, padahal katanya sih nggak. Efek obat biusnya mulai bekerja. Disini juga aku “dicuekin” sama dokter, perawat dan ibu. Mereka ngomongin gigiku, sedang aku membisu di kursi itu. Udah gak bisa ngomong.

Beberapa menit kemudian, dokter mendekatiku, dan memasang kain penutup wajah sehingga aku tak dapat melihat apa yang dilakukan dokter. Kalau aku melihatnya, mungkin aku bisa kabur kali ya.. haha.

gggrrrr…grrr… sepertinya dokter sedang membelah sesuatu di gusiku.. krr…krrr… suara bor mulai terdengar.. suara penyedot air (dan darah) terdengar juga.. suara mesin dari kursi pun mulai meramaikan suasana.. Sakit sih nggak, suara-suaranya itu lho bikin pengen jingkrak-jingkrakan -_-"

Sekitar 30 menit kain penutup dibuka. OPERASI SELESAI! Alhamdulillah.. aku disuruh mengigit kassa selama 1 jam.. mulutku rasanya sudah tak berbentuk. Padahal lagi-lagi kata ibu, keliatan kayak biasanya aja, Cuma rasanya seperti bengkak. Banyak hal yang harus dilakukan atau dihindari, khususnya selama 24 jam pertama setelah operasi. Misalnya, harus dikompres pake es selama 2 jam setelah operasi, gak boleh banyak kumur, gak bolah membuang ludah apalagi menyedot darah didaerah bekas operasi, gak boleh makan dan minum yang panas, gak boleh nyentuh daerah operasi, dll.. hoho

Lalu dokter memberi resep tambahan obat anti nyeri, karena pas konsultasi aku sudah diberi resep duluan. Dan aku harus datang lagi jumat depan untuk membuka jahitan di gusiku *sakit gak ya?? :(

Setelah sekitar satu jam kassa yang digigit aku buang, mulutku rasanya masih belum bisa gerak. Tapi rasa sakit di daerah operasi mulai terasa. Nyut-nyutan.. hehe..yaa.. sekarang udah jam 00:41, aku belum mau tidur, wajahku jadi bengkak dan katanya bisa sampe seminggu bengkaknya.. ya ya ya baiklah..

ini ceritaku, apa ceritamu? :D

Cianjur, 9 September 2011 – 00:46

Tidak ada komentar:

Posting Komentar