Selasa, 05 Agustus 2008

kuliah itu.....

Kuliah tuh mau ngapain sih? Cuma nyari ilmu? Ato nyari pengalaman? Mengamalkan pengalaman? Jangan-jangan tujuan utamanya masuk organisasi? Ato mungkin cari jodoh!!!?? Kalo cuma cari gelar, trend hidup n iseng-iseng aja sih udah tereliminasi duluan.

Apa kuliah cukup dengan bekal niat cari ilmu, jadi aktivis sejati, pengen punya setumpuk pengalaman, mengaplikasikan ilmu yang didapet, trus dapet kerja yang nyaman?

Gimana ama niat kuliah untuk cari ridho Allah semata? Apa bisa berdampingan ama niat-niat yang lain?

Apa lingkungan kampus juga menentukan? Emangnya salah kalo milih kampus yang OK secara akademis tapi ga OK secara pergerakannya (dakwah,red)? Ato mungkin lebih baik nyari kampus yang pergerakannya aman, tapi akademisnya gak OK? Ato harus bersikukuh dapet kampus yang OK segalanya, sedangkan kitanya ga OK dalam segi kemampuan (otak, dana)? Gimana juga ama yang “terpaksa” kuliah di kampus yang gak OK dua-duanya?

Ternyata aku terpaksa pake kata-kata klise.. “hidup ini penuh dengan pilihan” … tinggal diri kita yang bisa menentukan .. apa mau pilih opsi A dengan segala konsekuensinya?ato opsi B yang juga punya konsekuensi? Ato opsi Z yang akhirnya kita jadi zombie yang sama sekali gak punya nilai, gak ada guna buat diri sendiri dan lingkungannya alias sampah mayarakat?

Ya, Allah, bantu aku menentukan pilihan yang terbaik di mataMu… karena yang terbaik menurutku belum tentu terbaik menurutMu dan belum tentu yang buruk menurutku adalah buruk untukku… Karenanya hanya padaMu aku kembali.

*istikharoh dulu ah*

2 komentar:

  1. Kuliah itu nikmat dari Allah yang selayaknya kita apresiasi dengan mengerahkan segala tenaga, harta, bahkan jiwa. "Maukah kamu Aku tunjukkan sebuah perdagangan.....(coba baca QS Ash-Shaff:10-14). Vera tepat jika memang mengambil keputusan diantara kebingungan dengan istiqoroh. Semoga berkah...selalu saja "ngobrol" dengan Allah. "Ihdinassiroto;mustaqiiim"

    BalasHapus